Berbagi: Pembelajaran Inovatif Terintegrasi Portal Rumah Belajar Dengan menggunakan Flipped Classroom
Assalamu'alaikum
Sekitar Awal bulan Maret tahun 2020 sampai sekarang Indonesia dilanda
oleh wabah virus yang mematikan, bahkan bukan di Indonesia saja melainkan di
seluruh dunia, merebaknya virus ini telah merubah gaya hidup (life style) masyarakat Indonesia.
Apalagi sejak himbauan social and psycal
distance sampai pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan
oleh pemerintah, maka praktis terjadi perubahan yang signifikan. Salah satunya
yang terdampak langsung adalah dunia pendidikan. Dimulai dari istilah work from home bagi tenaga pendidik,
belajar secara daring, sampai belajar dari rumah/pembelajaran jarak jauh (PJJ)
yang sangat mengandalkan teknologi. Dalam pembelajaran pun guru dituntut untuk dapat mensesuaikan dengan pembelajaran daring. Ijinkan saya berbagi tentang skenario pembelajaran inovatif yang terintegrasi portal rumah belajar dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom.
Flipped classroom adalah salah satu model
atau metode belajar yang meminimalkan pengajaran langsung dari guru dimana
dalam proses belajarnya siswa mempelajari materi pelajaran terlebih dahulu di
rumah sedangkan kegiatan belajar mengajar di kelas hanya berupa pengerjaan
tugas berdiskusi tentang materi atau masalah yang belum dipahami saat
belajar di rumah Konsep model belajar flipped classroom pada dasarnya adalah//
apa yang dilakukan di kelas pada pembelajaran konvensional dikerjakan di
rumah sedangkan pekerjaan di rumah pada pembelajaran konvensional
diselesaikan di kelas. Nah, karena sekarang masih dalam kondisi pandemic covid
19, sehingga tidak memugkinkan adanya tatap muka, kegiatan belajar dan mengajar
serta kegiatan singkonus dan Asingkronus dilakukan lewat daring. Metode flipped
classroom dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu sebelum kelas dimulai (pra kelas),
saat kelas dimulai, dan setelah kelas berakhir (pasca kelas).
Adapun alat yang digunakan adalah cukup laptop dan handphone yang terkoneksi internet dan media pendukungnya saya gunakan adalah WA group, Google Classroom, zoom, dan tentunya portal rumah belajar yaitu fitur sumber belajar , BSE dan bank soal.
Berikut ini adalah skenario
pembelajarannya.
Tahap Persiapan Guru Membuat
perangkat pembelajaran berupa RPP,
LKPD dan Bahan Ajar yang didownload dari sumber belajar.
Tahap Asingkronus
Tahap pendahuluannya adalah Guru dan Peserta didik saling memberi salam lewat WA Group Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan memberikan link google form pada Google Classroom yang telah disiapkan sebelum pembelajaran kemudian Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan lewat Google Classroom Selanjutnya Peserta didik menyaksikan video pembelajaran di sumber belajar portal rumah belajar.
Tahap Singkronus
Tahap selanjutnya adalah kegiatan tatap maya, kegiatan ini untuk mengkonfirmasi dan berdiskusi dari kegiatan asingkronus.Setelah kegiatan diskusi berakhir guru memberikan tautan link tugas berupa soal yang diakses di bank soal pada portal rumah belajar.
Kemudian pada Tahap Penutup setelah waktu pengerjaan habis guru dan peserta didik melakukan refleksi pembelajaran saat pada zoom dan guru menyampaikan penugasan melalui GoogleClassroom serta meminta peserta didik mengirimkan LKPD yang telah dikerjakan dengan cara menguplode pada google classroom kemudian Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya serta ditutup dengan salam, kegiatan ini disebut juga dengan pasca kelas pada flipped classroom.
Itulah skenario pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran flipped Classroom, semoga bermanfaat, dan mohon maaf jika ada kesalahan. Terima kasih
Link Youtube (Vlog) : https://youtu.be/mO13DNd5aYk